Berita & Artikel

Hadir di Palu, Jokowi Langsung Mengunjungi Titik Dampak Gempa-Tsunami dan Menemui Warga

Oct 01, 2018

Gempa Palu | Jokowi

Belum selesai duka bencana gempa di Lombok, Indonesia kembali dilanda gempa dan tsunami, tepatnya di Sulawesi Tengah pada hari Jum’at, 28 September 2018. Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 yang juga menyebabkan tsunami mengguncang wilayah Palu dan Donggala, dan Sulawesi Tengah.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, hadir di Kota Palu pada Minggu, 30 September 2018. Setibanya di Palu, Kepala Negara langsung memimpin rapat terbatas (ratas) dengan sejumlah jajarannya terkait bencana gempa dan tsunami. Joko Widodo meminta seluruh jajaran siap bekerja bergotong royong siang dan malam untuk melakukan evakuasi.

Presiden dan rombongan mengunjungi beberapa titik yang terkena dampak bencana gempa. Titik pertama adalah Perumnas Balaroa, lalu Pantai Talise, dan Rumah Sakit Undata serta terakhir Presiden meninjau posko pengungsi di Lapangan Vatulemo. Presiden menyusuri dan meninjau lokasi reruntuhan bangunan serta menyerahkan bantuan kepada masyarakat.

Dalam kunjungannya dan pertemuannya dengan warga, Jokowi mengingatkan agar warga untuk tetap sabar dan Presiden juga akan tetap memantau perkembangan terkait penanganan pascagempa dan tsunami.

"Ini akan terus saya ikuti, semua akan kembali. Setelah normal baru tahap rehabilitasi dan rekonstruksi rumah-rumah seperti ini‎," tandasnya.

Langkah pertama yang ditekankan Presiden Joko Widodo adalah evakuasi korban bencana gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah. Setelah tahap evakuasi selesai, pemerintah juga komitmen untuk melakukan rekonstruksi dan rehabilitasi untuk memperbaiki fasilitas publik yang terdampak gempa dan tsunami. "Yang pertama yang paling penting tadi saya tekankan pada seluruh kementerian, TNI, Polri, juga Pak Gubernur, agar penanganan yang dilakukan pertama adalah yang berkaitan dengan evakuasi," kata Presiden.

TEMUKAN KAMI

Copyright©2018. j2p.id All Rights Reserved